Video Inovasi dan Praktik Baik PembaTIK Level 4 Tahun 2023


SINOPSIS VIDEO PRAKTIK BAIK

"Optimalisasi Bukti Karya PMM menggunakan Pesan Games untuk meningkatkan
hasil belajar IPA Siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Pasangkayu"

Praktik baik merupakan pengalaman terbaik yang diangkat berdasarkan suatu aktivitas yang terbukti meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil assesmen diagnostik menggunakan google form pada kelas VIIIB SMP Negeri 2 Pasangkayu menunjukkan tingginya minat siswa terhadap beragam media pembelajaran. Siswa juga menunjukkan ketertarikan yang tinggi terhadap penggunaan media sosial.

Berdasarkan hal tersebut penulis kemudian merancang praktik baik “Optimalisasi Bukti Karya PMM menggunakan Pesan Games untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Pasangkayu. Praktik baik ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Pasangkayu. Pesan Games merupakan akronim dari PEndekatan SAintifik daN raGAm MEdia Sosial.

Tantangan dalam pelaksanaan praktik baik ini adalah beberapa siswa tidak memiliki kuota internet yang cukup untuk mengakses internet dan minimnya spesifikasi perangkat keras yang digunakan selama proses dokumentasi. Solusi dari keadaan ini adalah guru dan siswa yang memiliki kuota internet lebih kemudian berbagi akses internet melalui hotspot pribadi dari handphone. Minimnya spesifikasi perangkat keras untuk merekam proses praktik baik disiasati dengan menginstal aplikasi open camera, sehingga meskipun menggunakan dua camera handphone yang berbeda tipe dan spesifikasi tetap dapat menghasilkan video yang memiliki kualitas yang hampir identik.

Melalui lima langkah pendekatan saintifik yang diawali dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengassosiasi dan mengkomunikasikan menunjukkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Siswa bekerja sama dalam menyelesaikan topik pembelajaran tentang. Hasil penilaian formatif menunjukkan ketuntasan klasikal 90%, rata-rata kelas 85,5. Praktik baik ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA setelah dilakukan optimalisasi Bukti Karya PMM menggunakan Pesan Games pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Pasangkayu.

Ucapan terima kasih kepada rekan saya guru IPA di SMP Negeri 2 Pasangkayu atas perannya sebagai dokumentasi selama praktik baik ini. Teriring pula rasa bangga yang tak terhitung nilainya atas kontribusi kelas VIIIB atas kolaborasi yang sangat apik dalam mewujudkan inovasi dan praktik baik ini. Semoga tulisan ini dapat memberikan inspirasi bagi seluruh guru di Indonesia.

Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar (PembaTIK 2023)

Link Arikel Ilmiah PembaTIK level 4 Tahun 2023
Link Aksi Berbagi Pembatik Level 4 Tahun 2023

2 komentar untuk "Video Inovasi dan Praktik Baik PembaTIK Level 4 Tahun 2023"

Setiap Saran dan Komentar Anda akan menjadi sangat berharga dalam pengembangan Blog Kami. Terima Kasih