Berbagi dan berkolaborasi Pada Bimtek PembaTIK Level 4 Tahun 2023

 


Peserta PembaTIK level 4 merupakan peserta yang dinyatakan lolos pada level 3 (level kreasi). Setelah Peserta dinyatakan lolos pada level kreasi, Peserta akan menerima pemberitahuan melalui email belajar.id apakah peserta berhak melanjutkan ke level 4 (level berbagi dan berkolaborasi). Peserta akan berbagi dan berkolaborasi hasil level sebelumnya, yaitu literasi, implementasi dan kreasi pada komunitas belajar. Peserta akan mendokumentasikan hasil berbagi dan berkolaborasi ke dalam blog dan vlog masing-masing peserta.

PembaTIK Level 4 akan dilaksanakan mulai tanggal 6 Oktober 2023 s.d 25 6 Oktober 2023. Alur Pelaksanaan Pembatik Level 4 (Level Berbagi dan berkolaborasi) berdasarkan pada informasi laman PembaTIK dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu:
  1. Peserta mendapatkan informasi pelaksanaan PembaTIK level 4 melalui laman PembaTIK 2023 atau email belajar.id
  2. Peserta masuk LMS
  3. Peserta mempelajari modul yang disediakan
  4. Peserta mengikuti kuliah umum
  5. Peserta mengikuti bimbingan sinkronous kelas
  6. Peserta melakukan diskusi
  7. Peserta mengerjakan tugas akhir PembaTIK level 4, yaitu membuat blog, vlog dan webinar dalam komunitas belajar
  8. Peringkat 5 besar berhak mengikuti Duta Teknologi Kemdikbudristek
Selama mengikuti level berbagi dan berkolaborasi, peserta akan mendapatkan pendampingan dari Tutor Hebat yang berasal dari Duta Teknologi Kemdikbudristek. Proses pembelajaran dilakukan dengan dua mode, yaitu mode sinkron dan asinkron. Mode sinkron akan didampingi oleh Duta Teknologi Kemdikbudristek dan mode asinkron akan dilakukan melalui pembelajaran mandiri melalui LMS. Selama mode asinkron, Peserta PembaTIK dapat berdiskusi dengan peserta lain, peserta juga akan mendownload dan mempelajari beberapa modul selama di level 4. 

Duta Teknologi adalah guru yang berhasil menyelesaikan PembaTIK sampai dengan level 4, dan terpilih menjadi peserta terbaik di setiap provinsi. Duta Teknologi menjadi inspirator praktik baik dalam pemanfaatan platform teknologi untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di provinsi masing-masing. Duta Teknologi juga dapat menjadi mitra dinas pendidikan sebagai Jangkar Teknologi Pendidikan Indonesia dalam rangka mendorong peningkatan pendayagunaan TIK untuk pembelajaran. (https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/pembatik, diakses tanggal 5 Oktober 2023).

“Mari berkontribusi dalam penguatan ekosistem digital pendidikan, serta menjadi mitra Kemendikbudristek sebagai Jangkar Teknologi Pendidikan Indonesia, dalam menyebarluaskan praktik baik pemanfaatan platform teknologi untuk keterlaksanaan Merdeka Belajar”.

Ayo Tingkatkan Kompetensimu melalui PembaTIK 2023 dengan mengikuti PembaTIK Level 4 (Level berbagi dan berkolaborasi) tahun 2023. Ayo Kunjungi laman PembaTIK 2023

Posting Komentar untuk "Berbagi dan berkolaborasi Pada Bimtek PembaTIK Level 4 Tahun 2023"