Praktik Baik Pembelajaran Berbasis TIK Sebagai Aksi Nyata Pembatik Level 2 Tahun 2023

 



Peserta PembaTIK level 2 merupakan peserta yang dinyatakan lolos pada level 1 (level literasi). Setelah Peserta dinyatakan lolos pada level literasi, Peserta akan menerima pemberitahuan melalui email belajar.id apakah peserta berhak melanjutkan ke level 2 (level implementasi). Peserta akan mempraktikkan hasil literasi selama mengikuti bimtek PembaTIK level 1 melalui praktik pembelajaran di kelas dan memanfaatkan platform teknologi digital pembelajaran dan memanfaatkan media sosial untuk mendukung aktivitas belajar murid. Peserta akan mendokumentasikan praktik pembelajaran yang memanfaatkan TIK dalam bentuk video yang akan diupload pada Paltform Merdeka Mengajar (PMM). Link praktik pembelajaran  di PMM ini akan dikumpulkan peserta sebagai tugas akhir dan merupakan persyaratan agar dapat lulus Pembatik Level 2. Persyaratan lain agar peserta dapat lulus adalah nilai ujian akhir telah mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh BLPT.

PembaTIK Level 2 akan dilaksanakan mulai tanggal 7 Agustus 2023 s.d 23 Agustus 2023. Alur Pelaksanaan Pembatik Level 2 (Level Implementasi) berdasarkan pada informasi laman PembaTIK digambarkan dalam beberapa tahapan, yaitu:
  1. Peserta mendapatkan informasi pelaksanaan PembaTIK level 2 melalui laman PembaTIK 2023 atau email belajar.id
  2. Peserta masuk LMS
  3. Peserta mempelajari modul level 2 dan mengikuti bimtek sinkronous
  4. Peserta melakukan diskusi
  5. Peserta mengerjakan Tugas (unggah tautan bukti karya PMM)
  6. Peserta mengerjakan ujian akhir PembaTIK Level 2
  7. Penilaian level 2
  8. Pemberitahuan lolos PembaTIK level 3 dikirimkan lewat email belajar.id
  9. Pemberitahuan tidak lolos PembaTIK level 3 juga dikirimkan lewat email belajar.id
Selama mengikuti level Implementasi, peserta akan mendapatkan pendampingan dari Tutor Hebat yang berasal dari Duta Teknologi Kemdikbudristek. Proses pembelajaran dilakukan dengan dua mode, yaitu mode sinkron dan asinkron. Mode sinkron akan didampingi oleh Duta Teknologi Kemdikbudristek dan mode asinkron akan dilakukan melalui pembelajaran mandiri melalui LMS. Selama mode asinkron, Peserta PembaTIK dapat berdiskusi dengan peserta lain, peserta juga akan mendownload dan mempelajari beberapa modul selama di level 2. 

Hasil akhir level ini adalah Praktik Pembelajaran tugas akhir Pembatik Level 2. Guru mengimplementasikan pengalaman belajar selama mengikuti level literasi dalam bentuk praktik pembelajaran yang memanfaatkan TIK dalam pembelajaran tatap muka di kelas. Berikut adalah hasil praktik baik saya yang berjudul "Semarak Pembelajaran Berdiferensiasi Konten (Semerbak) Materi Sendi untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa SMP Negeri 2 Pasangkayu".
Ayo Cek Videonya di bawah ini 😀


“Mari berkontribusi dalam penguatan ekosistem digital pendidikan, serta menjadi mitra Kemendikbudristek sebagai Jangkar Teknologi Pendidikan Indonesia, dalam menyebarluaskan praktik baik pemanfaatan platform teknologi untuk keterlaksanaan Merdeka Belajar”.

Ayo Tingkatkan Kompetensimu melalui PembaTIK 2023 dengan mengikuti PembaTIK Level 2 (Level Implementasi) tahun 2023. Ayo Kunjungi laman PembaTIK 2023

Update 22 Oktober 2023 embed Praktik Pembelajaran tugas akhir Pembatik Level 2


Posting Komentar untuk "Praktik Baik Pembelajaran Berbasis TIK Sebagai Aksi Nyata Pembatik Level 2 Tahun 2023"