Ada Apa dengan PembaTIK Level 1 Tahun 2023?

 



Mengutip dari halaman situs Pembatik (https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id), syarat & Ketentuan mengikuti PembaTIK tahun 2023 adalah sebagai berikut:
  1. Memiliki dan telah mengaktivasi akun belajar.id
  2. Guru Aparatur Sipil Negara (ASN) baik PNS, CPNS, maupun PPPK yang dibuktikan dengan SK yang bersangkutan
  3. Guru tetap yayasan yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Yayasan
  4. Guru honorer di instansi pendidikan pemerintah/swasta dari semua jenjang yang dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan
  5. Tenaga kependidikan di instansi pendidikan pemerintah/swasta, dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan.*
*Tenaga kependidikan dapat mengikuti PembaTIK, namun tidak dapat mengikuti seleksi Duta Teknologi.

Pembatik merupakan Program peningkatan kompetensi pendidik dalam dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka dengan memanfaatkan Pemanfaatan Platform Teknologi digital dalam pembelajaran. Peningkatan Kompetensi TIK guru dilakukan melalui 4 level, yakni level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi & berkolaborasi. Khusus pada level 1 ini akan dilaksanakan mulai tanggal 18 s.d 28 Juli Tahun 2023. Melalui program PembaTIK ini guru diharapkan dapat meningkatkan kompetensinya sesuai dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yang menyatakan bahwa "Didiklah anak (murid) berdasarkan alam dan zamannya. Perlu kita ketahui bahwa murid saat ini lahir pada zaman yang serba menggunakan teknologi (Generasi Digital Natives), maka guru perlu merespon kebutuhan belajar murid dengan cara memanfaatkan teknologi digital dalam pembelajaran.

Alur Pelaksanaan Pembatik Level 1 (Level Literasi) berdasarkan pada informasi laman PembaTIK digambarkan dalam beberapa tahapan, yaitu:

  1. Peserta mendapatkan informasi pelaksanaan PembaTIK level 1 melalui laman PembaTIK 2023 atau email belajar.id.
  2. Peserta mengakses laman yang berisi modul PembaTIK Level 1.
  3. Peserta mempelajari semua modul PembaTIK Level 1.
  4. Peserta mengerjakan Tugas dan Ujian Akhir PembaTIK Level 1.
  5. Jika nilai Peserta memenuhi KKM, maka Peserta akan lolos ke Level 2 dan jika jika nilai Peserta tidak memenuhi KKM, maka Peserta dinatakan tidak lolos ke Level 2.
  6. Informasi kelulusan Peserta akan disampaikan melalui email belajar.id.
Selama mengikuti level Literasi, peserta akan mendapatkan pendampingan dari Tutor Hebat yang berasal dari Duta Teknologi Kemdikbudristek. Proses pembelajaran dilakukan melalui mode asinkron akan dilakukan melalui pembelajaran mandiri melalui LMS. Selama mode asinkron, Peserta PembaTIK dapat berdiskusi dengan peserta lain, peserta juga akan mendownload dan mempelajari beberapa modul selama di level 1. 

“Mari berkontribusi dalam penguatan ekosistem digital pendidikan, serta menjadi mitra Kemendikbudristek sebagai Jangkar Teknologi Pendidikan Indonesia, dalam menyebarluaskan praktik baik pemanfaatan platform teknologi untuk keterlaksanaan Merdeka Belajar”.

Ayo Tingkatkan Kompetensimu melalui PembaTIK 2023 dengan melakukan pendaftaran pada Laman PembaTIK 2023.


Posting Komentar untuk "Ada Apa dengan PembaTIK Level 1 Tahun 2023?"