Ayo Tingkatkan Kompetensi TIK melalui PembaTIK Tahun 2023


Pembatik merupakan singkatan dari Pembelajaran Berbasis TIK yang diperuntukkan bagi seluruh guru yang ada di Indonesia dalam rangka peningkatan kompetensi TIK guru. Pembatik rutin dilaksanakan setiap tahun dan pada tahun 2023 ini dilaksankan oleh BLPT (Balai Latihan Platform Teknologi). Pembatik dilaksanakan dalam empat tahapan, yaitu Literasi, Implementasi, Kreasi serta Berbagi dan Berkolaborasi. Setiap tahapan atau level pembatik akan dipandu melalui LMS secara daring melalui arahan dari BLPT dan instruktur di setiap level.

Pendaftaran pembatik level 1 dimulai sebelum tanggal pelaksanaan pembatik level 1 yaitu sebelum tanggal 18 Juli 2023. Setelah mengikuti alur pendaftaran pada level 1, setelah diapprove oleh BLPT, maka peserta yang diterima akan menyelesaikan pembatik level 1 mulai tanggal 18 - 28 Juli 2023. Setelah peserta diklat lulus pada level 1, maka peserta akan lanjut pada level 2 yaitu pada tanggal 7 - 23 Agustus 2023. Setelah lulus level 2, maka peserta akan kembali masuk ke kelas level 3 yaitu tanggal 4 - 20 September 2023. Setelah lulus level 3, maka peserta akan kembali masuk ke kelas level 4 yaitu tanggal 4 - 20 Oktober 2023. Khusus peserta yang lolos ke level 4 hanya berjumlah 30 orang setiap provinsi. Peserta dari level 4 ini akan terpilih 5 orang tiap provinsi yang akan diseleksi menjadi Calon Duta Teknologi Kemdikbudristek Tahun 2023.

Pembatik tahun 2023 merupakan ajang bagi guru untuk meningkatkan kompetensi TIK yang secara nyata akan meningkatkan hasil belajar murid. Dengan menggunakan perangkat TIK atau platform teknologi dalam pembelajaran bukan saja memudahkan guru tetapi dapat menumbuhkan kemerdekaan murid dalam belajar. Ki Hajar Dewantara melalui filosofi "Merdeka Belajar" menekankan bahwa belajar dapat dilakukan melalui permainan. Beberapa platform teknologi dapat mendukung guru untuk mendesain pembelajaran berdasarkan filosofi kurikulum merdeka. Ki Hajar Dewantara juga mengatakan bahwa Guru ibarat petani yang mendidik murid seperti sedang merawat tanaman padi. Peran guru adalah menciptakan kondisi pembelajaran yang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman murid, dimana saat ini murid hidup di era revolusi industri 4.0 dan Society 5.0. Oleh karena itu, guru sangat memegang peranan penting dalam mewujudkan ekosistem digital dalam pembelajaran untuk mewujudkan Merdeka Belajar.

Ayo Daftar Pembatik melalui Link Berikut !

Link Pembatik 2023

Posting Komentar untuk "Ayo Tingkatkan Kompetensi TIK melalui PembaTIK Tahun 2023"