Mendesain Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital Pada Bimtek PembaTIK Level 3 (Level Kreasi) Tahun 2023

 


Peserta PembaTIK level 3 merupakan peserta yang dinyatakan lolos pada level 2 (level implementasi). Setelah Peserta dinyatakan lolos pada level implementasi, Peserta akan menerima pemberitahuan melalui email belajar.id apakah peserta berhak melanjutkan ke level 3 (level kreasi). Peserta akan mempraktikkan hasil literasi dan implementasi dalam pembelajaran selama mengikuti bimtek PembaTIK level 1 dan 2 untuk membuat media pembelajaran berbasis teknologi digital. Peserta akan mendokumentasikan karya media pembelajaran yang memanfaatkan TIK dalam bentuk Audio pembelajaran, video pembelajaran, multimedia pembelajaran interaktif atau game edukasi yang kemudian diupload pada Paltform Merdeka Mengajar (PMM). Link media pembelajaran  di PMM ini akan dikumpulkan peserta sebagai tugas akhir dan merupakan persyaratan agar dapat lulus Pembatik Level 3. Persyaratan lain agar peserta dapat lulus adalah nilai ujian akhir telah mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh BLPT.

PembaTIK Level 3 akan dilaksanakan mulai tanggal 6 September 2023 s.d 21 September 2023. Alur Pelaksanaan Pembatik Level 3 (Level Kreasi) berdasarkan pada informasi laman PembaTIK dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu:
  1. Peserta mendapatkan informasi pelaksanaan PembaTIK level 3 melalui laman PembaTIK 2023 atau email belajar.id
  2. Peserta masuk LMS
  3. Peserta mempelajari modul level 3 dan mengikuti bimtek sinkronous
  4. Peserta melakukan diskusi
  5. Peserta mengerjakan Tugas (unggah tautan bukti karya PMM)
  6. Peserta mengerjakan ujian akhir PembaTIK Level 3
  7. Penilaian level 3
  8. Pemberitahuan lolos PembaTIK level 3 dikirimkan lewat email belajar.id dan jika masuk 30 besar berhak melanjutkan ke level 4 (Berbagi dan Berkolaborasi)
  9. Pemberitahuan tidak lolos PembaTIK level 3 juga dikirimkan lewat email belajar.id
Selama mengikuti level kreasi, peserta akan mendapatkan pendampingan dari Tutor Hebat yang berasal dari Duta Teknologi Kemdikbudristek. Proses pembelajaran dilakukan dengan dua mode, yaitu mode sinkron dan asinkron. Mode sinkron akan didampingi oleh Duta Teknologi Kemdikbudristek dan mode asinkron akan dilakukan melalui pembelajaran mandiri melalui LMS. Selama mode asinkron, Peserta PembaTIK dapat berdiskusi dengan peserta lain, peserta juga akan mendownload dan mempelajari beberapa modul selama di level 3. 

Kreasi media pembelajaran peserta PembaTIK level 3 dapat dibuat dalam 4 bentuk, yaitu: Audio Pembelajaran, Video Pembelajaran, Multimedia Pembelajaran Interaktif dan Game Edukasi. Audio pembelajaran dapat dibuat dan diedit dengan software Audacity atau yang sejenisnya, Video Pembelajaran dibuat dengan kamera apapun dan diedit dengan software yang editing video apapun, sedangkan Multimedia Pembelajaran Interaktif dan Game Edukasi dapat dibuat menggunakan Canva, Lumi, Articulate Story Line, Smart Apps Creator, Google site maupun platform lain yang dipilih oleh peserta. Kreasi bersifat bebas, tetapi indikator dan ketentuan umum dan ketentuan khusus ditentukan oleh BLPT.

Pada level kreasi ini saya memutuskan untuk membuat game edukasi menggunakan smart apps creator 3, dimana aset-aset gambar dan desain awal saya buat menggunakan canva dan sound dari situs pihak ketiga dengan mencantumkan sumbernya pada menu daftar pustaka sebagai etika menyadur atau menggunakan konten pihak ketiga. Game edukasi ini berjudul "Pesawat Sederhana" yang merupakan bahan ajar untuk kelas 8 kurikulum merdeka dan dapat juga digunakan untuk kurikulum 2013. Pada menu awal murid dapat belajar terlebih dahulu materi tentang pesawat sederhana. Pada menu awal juga terdapat beberapa menu yang dapat membantu murid dalam melakukan navigasi. Game edukasi ini terbagi menjadi 4, level 1 murid akan mengerjakan beberapa soal tentang katrol, level 2 murid akan mengerjakan beberapa soal tentang bidang miring, level 3 murid akan mengerjakan beberapa soal tentang roda berporos dan level 4 murid akan mengerjakan soal-soal tentang tuas/pengungkit. Pada setiap levelnya murid akan mendapatkan skor sesuai jumlah jawaban yang benar.
Berikut ini link game edukasi karya saya. Saya buat beberapa link agar counter menyesuaikan perangkat keras yang digunakan untuk mengakses. Ayo mainkan ya 😀



“Mari berkontribusi dalam penguatan ekosistem digital pendidikan, serta menjadi mitra Kemendikbudristek sebagai Jangkar Teknologi Pendidikan Indonesia, dalam menyebarluaskan praktik baik pemanfaatan platform teknologi untuk keterlaksanaan Merdeka Belajar”.

Ayo Tingkatkan Kompetensimu melalui PembaTIK 2023 dengan mengikuti PembaTIK Level 3 (Level Implementasi) tahun 2023. Ayo Kunjungi laman PembaTIK 2023.

Update 22 Oktober 2023 Link Game Edukasi tugas akhir Pembatik Level 3


Posting Komentar untuk "Mendesain Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital Pada Bimtek PembaTIK Level 3 (Level Kreasi) Tahun 2023"